Rabu, 27 Maret 2013

ZUHUD PADA DUNIA

Sesungguhnya sebaik-baik petunjuk ( ajaran ) adalah petunjuk Rasulullah,dan sebaik-baik makhluk yang bisa di jadikan qudwah dan panutan hidup adalah muhammad Rasulullah.
Salah satu yang perlu kita teladani dari beliau adalah, kehidupan beliau dan sikap beliau pada dunia.belaiu adalah orang yang paling zuhud, tidak tergoda dengan gemerlapnya dunia.
Belaiu pernah mengabarkan bahwa setiap umat dari dulu smapai sekarang pasti memiki ujian,dan ujian yang diberikan oleh Allah kepada Umat nya ini adalh harta.
beliau juga menggambarkan bahwa dunia itu lebih hina dari binatang yang kecil yang cacat dan tidak berharga.
Coba kita lihat kehidupan dan kezuhudan beliau dan keluarganya. warid dari ummul mu'minin, bahwa sanya ketika beliau wafat, beliau tidak meninggalkan apa pun kecuali tungganagn belaiu.
dan diriwayatkan,bahwa sanya di suatu hari belaiu pernah bertanya kepada salah satu dari istri beliau apakah ada makan atau tidak hari ini, kemudian istri beliau menjawab bahwa tdak ada makanan yang bisa di makan hari itu. kemudianbelaiu berkata : kalau begitu aku puasa...
Rasulullah mengajarkan kita,supaya kita hidup di dunia ini seperti orang asing atau orang yang sedang melakukan perjalanan jauh. karena dengan demikian kita akan tetap mawas diri dan terus mencari bekal untuk perjalanan panjang kita. dunia tempat berkarya ( beramal ) dan akan kita dapatkan hasil nya kelak di akhirat.
Seseorang yang menjadikan dunia sebagai tujuan utama dan melalaikan akhirat, niscaya Allah akan menjdaikan kefakiran di pelupuk matanya.dan dia tidak akan mendapatkan dunia kecuali apa yangtelah di tentukan.
Zuhud terhadap dunia dan apa yang ada pada manusia, akan mendatangkan kecintaan dari Allah dan manusia.
Kita berdoa.. semoga Allah menjadikan kita orang yang selalu bersyukur dengan apa yang ada, karena dengan bersyukur nikmat dan keberkahan hidup akan bisa kita rasakan.
dan semogaAllah memberikan kita tauifq nya agar kita bisa meneladani qudwah hasanah kita, rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.. amiiinnn...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar