Jumat, 22 Maret 2013

RENUNGAN


                                                              Oleh : Abu Abbad Al- lomboky

      Saudaraku... tidak ada orang yang tidak senang sama dunia, harta, jabatan akan terus di kejar oleh orang yang hatinya di kuasai oleh dunia.
     Sungguh benar apa uyang di sampikan oleh Rasuullah bahwa : setiap ummat pasti ada cobaan nya, dan cobaat ummat ku ini ada pada harta.
     Demi harta manusia rela berbuat apa saja untuk mendapatkan nya, dengan harta manusia bisa putus hubungan dengan keluarganya, dengan harta orang bisa lupa diri.
     Dalam al qur'an disebutkan bahwa anak, harta benda adalah ujian dan cobaan, tapi sudahkah kita renungi kenapa Allah sering mendahulukan harta dari pada anak dalam al qur'an? 
    Para ulama menjelaskan, bahwa di dahulukan nya harta atas anak karena harta lebih dominan bisa mengakibatkan putusnya hubungan kekeluargaan,dengan harta orang bisa berbuat semena-mena.
      Rasulullah menyebutkan bahwa dunia ini terlaknat,dan apa yang apa yang ada didalamnya juga terlakanat kecuali orang yang belajar ilmu syar;i,orang yang taat,dan orang yang selalu mengingat Allah.
       Tidak kah kita ingat atau mungkin kita tidak mau mengingatnya, bagaimana Allah membinasakan Qarun yang membanggakan diri dengan harta yang dia miliki, dia jauh dari Allah dan merasa bahwa harta yang dia miliki itu semata-mata karena kepintaran nya dan dia lupa sama zat yang memberikan dia harta.
     Tidak salah kita mencari dunia ( harta ) ,asalkan jangan kita jadikan dunia sebagai tujuan utama,jangan biarkan  dunia menguasai kita,tapi kita yang harus menguasi dunia ( harta )
      orang yang kaya bukan terletak pada banyaknya harta, tingginya jabatan dan lain- lain. akan tetapi orang kaya adalah orang yang kaya hati.
      Telah di beritakan oleh Rasulullah bahwa kaki seorang hamba tidak akan bergeser dari di hari kiamat kecuali setelah ditanya beberapa hal, di antara nya adalah : dari mana kamu mendapatkan harta dan kemana kamu membelanjakan atau mnginfak kan nya?.
       Sesungguhnya tidak ada kehidupan yang abadi kecuali kehidupan akhirat, kehidupan yang penuh dengan ketenangan,kebahagiaan yang tidak akan hilang, kekal selama-lamanya. Adapun kehidupan dunia sekalipun ada kesenangan padanya,ada kebahgiaan padanya, tapi pada akhirnya kebahagiaan,ketenangan itu akan sirna.Harta akan berguna apabila dibelanjakan dijalan Allah ta'ala.
       Akhirnya... Saudara ku...Mari kita jadikan semua karunia yang Allah berikan kepada kita berupa harta,jabatan dan  lain nya sebagai wasilah ( sarana ) kita untuk beribadah kepada Allah ta'ala.
       Dan kita berdoa kepada Allah agar menjadikan kita orang yang selalu bersyukur dengan apa yang ada dan menjaga kita dari hal-hal yang bertentangan denagn syariat. aminnnnn..


     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar